AKREDITASI

AKREDITASI RUMAH SAKIT

 

PENGERTIAN

Suatu pengakuan yang diberikan oleh Pemerintah kepada rumah sakit karena telah memenuhi standar yang telah ditentukan

 

TUJUAN AKREDITASI

Umum : Meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit

Khusus :

1.    Memberikan jaminan, kepuasan dan perlindungan masyarakat

2.    Memberikan pengakuan kepada rumah sakit yang telah menerapkan standar pelayanan rumah sakit

3.    Menciptakan lingkungan intern rumah sakit yang kondusif untuk penyembuhan & pengobatan termasuk peningkatkan & pencegahan sesuai standar struktur, proses dan hasil

 

MANFAAT AKREDITASI

1.    Bagi pasien dan masyarakat al. memperoleh pelayanan sesuai dengan standar yang terukur

2.   Bagi petugas kesehatan di Rumah Sakit al. menimbulkan rasa aman dalam melaksanakan tugasnya oleh karena RS memiliki sarana, prasarana dan peralatan yang telah memenuhi standar

3.    Bagi Rumah Sakit al. sebagai alat untuk negosiasi dengan pihak ketiga misalnya  asuransi, perusahaan dll

4.    Bagi Pemilik RS al. sebagai alat mengukur kinerja pengelola RS

5.    Bagi perusahaan asuransi al. acuan untuk memilih dan mengadakan kontrak dengan RS

 

TAHAPAN AKREDITASI

·   Tahap Tingkat Dasar 5 Pelayanan (administrasi & manajemen, pelayanan medis, gawat darurat, keperawatan dan rekam medik)

·   Tahap Tingkat Lanjut 12 Pelayanan (tahap dasar + perinatal resiko tinggi, radiologi, farmasi, laboratorium, kamar operasi, K3 dan pengendalian infeksi)

·       Tahap Tingkat Lengkap 16 Pelayanan (tahap lanjut + pelayanan intensif, rehabilitasi medic, gizi dan pelayanan darah)

 

PENYELENGGARAAN AKREDITASI

·       Pembinaan akreditasi oleh Kementrian Kesehatan dan Dinas Kesehatan

·       Bimbingan akreditasi oleh surveyor pembimbing (KARS)

·       Survey akreditasi oleh surveyor akreditasi (KARS)

·       Pendampingan pasca akreditasi oleh tim pendampingann yang terdiri dari Kemenkes KARS, PERSI Daerah dan Dinas Kesehatan

 


Last Update:11-06-2013 10:14