Rencana Strategis

BAB  I.

PENDAHULUAN

 

1.1.   Latar Belakang

Rumah Sakit Umum Daerah “Kanjuruhan” Kepanjen Kabupaten Malang adalah Rumah Sakit Umum Daerah milik Pemerintah Kabupaten Malang, terletak diatas tanah seluas 32.140 m2 dengan bangunan yang didirikan dan digunakan untuk operasional pelayanan sampai saat ini seluas 11.550 m2, berada di Malang selatan dan mempunyai 211 tempat tidur dengan tingkat hunian rata-rata 81,17% per tahun. Wilayah dispersi atau jangkauan pelayanan Rumah Sakit meliputi Malang selatan hingga perbatasan kabupaten Blitar dan Lumajang.

Perkembangan Kota Kepanjen sebagai ibukota Kabupaten Malang ditandai dengan dibangunnya berbagai fasilitas pelayanan masyarakat dan berbagai perkantoran pemerintahan. Dengan meningkatnya situasi dan kondisi tersebut membawa dampak terhadap kegiatan masyarakat baik di Kota Kepanjen maupun daerah sekitarnya (Malang Selatan pada umumnya) menjadikan Kota Kepanjen sebagai sentra kegiatan. Dalam upaya mengimbangi perkembangan Kota Kepanjen yang begitu cepat, RSUD ”Kanjuruhan” Kepanjen Kabupaten Malang terus berupaya meningkatkan potensi diri untuk meningkatkan kapasitas pelayanannya kepada masyarakat agar menjadi Rumah Sakit pilihan bagi masyarakat dalam bidang kesehatan. Pada akhir tahun 2006 status RSUD “Kanjuruhan” telah meningkat menjadi Rumah Sakit Kelas B Non Pendidikan, sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI tanggal 23 Oktober 2006 Nomor 811/MENKES/SK/X/2006, tentang Peningkatan Kelas RSUD “Kanjuruhan” Kepanjen Kabupaten Malang dari kelas C menjadi kelas B Non Pendidikan yang kemudian ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Malang Nomor 16 Tahun 2007 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah, namun SOTK belum sepenuhnya dilaksanakan sampai dengan turunnya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor  41 tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Nomor  37 tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah Rumah Sakit Umum Daerah. Hal tersebut untuk mengantisipasi bahwa di Kota Kepanjen akan bermunculan Rumah Sakit swasta yang akan menjadi pesaing di masa mendatang.

Sebagai hasil penafsiran terhadap perubahan lingkungan, maka dilakukan pendekatan-pendekatan manajemen strategis yang digunakan sebagai penghubung antara penafsiran keadaan dengan tindakan yang akan dilakukan oleh organisasi. Untuk itu dibuatlah rencana strategis rumah sakit yang merupakan arah pedoman bagi Pengelola Rumah Sakit selama lima tahun ke depan.

Rencana Strategis RSUD ”Kanjuruhan” Kepanjen Kabupaten Malang merupakan penjabaran secara rinci dari visi dan misi rumah sakit yang mempertimbangkan analisa lingkungan strategis  dengan berpedoman pada RPJMD Kabupaten Malang tahun 2010 – 2015.

 


Untuk selanjutnya bisa diunduh file document berikut ini,
RENSTRA RS 2011-2015


Last Update:11-10-2013 08:33